Mengikuti Program Magang diJepang


Waktu Jalan-Jalan di Yamanashi
     Magang adalah bekerja sambil belajar, jadi bekerja selain bertujuan untuk mencari uang tapi juga mendapatkan ilmu dari pekerjaan yang dilakukan kiranya itulah tujuan dari Program Magang di Jepang. Program ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan mutu dan ilmu pengetahuan generasi muda Indonesia. saya sendiri sebagai peserta pogram ini, sekarang sudah satu tahun di Jepang magang di perusahaan permesinan.
  
     Untuk menjadi peserta magang di Jepang, banyak sekali syarat dan tahapan yang harus di lalui, mulai dari tahap seleksi dan pelatihan. Banyak sekali oraganisasi atau agen swasta yang memberangkatkan peserta magang ke Jepang ini dengan peersyaratan yang berbeda-beda tergantung permintaan dan biaya yang harus di persiapkan juga tidak sedikit. namun dari sekian banyak agen swasta tersebut ada organisasi yang memberangkatkan peserta magang ke jepang dengan gratis tanpa memungut biaya  dministrasi sepeserpun hanya saja perlu modal semangat saja, organisasi ini adalah IM Japan. Organisasi ini adalah organisasi dari jepang yang bekerja sama dengan Kementrian Tenaga kerja dan transmigrasi indonesia. IM Japan memberangkatkan peserta magang dengan gratis hanya saja syaratnya harus bisa melewati tahap demi tahap dan memenuhi parsyaratan yang telah ditentukan oleh IM Japan.


Proses Sleksi dan Pelatihan
  Saya sendiri diakhir tahun 2012 ikut seleksi dan di nyatakan lulus, terus masuk tahap pelatihan daerah selama dua bulan, lalu masuk pelatihan pusat selama dua bulan dan keberangkatan. Setelah tiba di jepang masuk pelatihan lagi selama satu bulan baru bulan ke dua setelah tiba di jepang mulai magang di perusahaan. tidak mudah melewati semua tahapan tersebut karena kalau mental dan tekad tidak kuat bisa menyerah di tengah jalan, dengan begitu banyak tahapan dan lamanya waktu dari awal seleksi sampai keberangkatan banyak sekali yang gugur, ada pula yang mengundurkan diri. saya sendiri dari awal sleksi sampai keberangkatan sekitar satu tahun setengah lamanya. beda ceritanya kalau kita ikut program magang yang di adakan oleh agen swasta paling lama juga enam bulan bisa berangkat, tapi biayanya mahal.


     Lamanya Proses sampai keberangkatan dan semua kesabaran, serasa terbayar tunai begitu sudah sampai di Jepang, rasanya pengorbanan dan kerja keras yang selama proses sleksi, tahap pelatihan dll itu terasa begitu ringan. dan sekarang sudah ada di Jepang, disinilah waktunya untuk terus belajar dan belajar, agar sekembalinya ke indonesia nanti tidak hanya membawa uang tapi juga membawa ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri, bangsa, dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar